Beranda » Penyebab Lubang Jalan

Penyebab Lubang Jalan

Tahukah Anda bahwa ada beberapa penyebab lubang jalan. Terutama di area yang padat lalu lintas, tentu Anda sering menemui kondisi jalan berlubang. Berikut beberapa faktor penyebab dari jalan aspal yang berlubang.


PENYEBAB LUBANG PADA JALAN

Salah satu kerusakan jalan yang sering terjadi adalah kerusakan karena lubang pada permukaan jalan. Pastinya, Anda pun sudah sering menjumpai kerusakan jalan seperti ini bukan? Mungkin Anda penasaran, apa sih penyebab jalan berlubang? Dari pada anda penasaran, Yuk simak ulasan kami di bawah ini mengenai penyebab lubang jalan aspal.

Baca juga : Jasa Pengaspalan Bogor

Penyebab Lubang Jalan pada Aspal

Adapun beberapa faktor yang membuat jalan aspal berlubang, tentu saja tak lepas dari beberapa aspek. Antara lain sebagai berikut :

Genangan Air

Salah satu penyebab lubang pada jalan aspal adalah genangan air. Genangan air ini adalah salah satu penyebab yang sering kali membuat jalan aspal berlubang.

Jika jalan aspal sering kali tergenang air, maka aspal akan menyerap air sehingga air akan mengikis daya rekat aspal terhadap material campuran aspal lainnya. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus maka jalan aspal akan berlubang. Dan jika hal ini tidak segera tertangani dengan cepat maka akan berpontens merusak keseluruhan jalan aspal. 

Sistem Drainase yang kurang baik

System drainase juga merupakan salah satu aspek yang tidak boleh terpisahkan dalam membangun jalan aspal. Hal ini tak lepas dari kondisi wilayah Indonesia yang memiliki curah hujan yang tinggi. Sehingga drainase juga memegang peranan penting untuk menjaga keawetan jalan aspal. Pasalnya system drainase yang buruk akan menyebabkan air ujan tidak mengalir dan tergenang di atas permukaan aspal. Sedangkan genangan air ini merupakan penyebab yang sering menjadi pemicu jalan berlubang. 

Perencanaan pembangunan yang salah

Dalam proses pembangunan jalan atau pembangunan yang lain. Proses perencanaan merupakan hal yang memgang peranan penting akan sukses atau tidaknya pembangunan tersebut.

Maka dari itu, tak ayal jika perencanaan yang salah ini juga akan menyebabkan kerusakan pada jalan aspal, termasuk penyebab lubang jalan aspal. Kesalahan perencanaan ini misalnya terjadi ketika kontraktor jalan tidak mengetahui data tanah atau wilayah pembangunan jalan dengan baik. Sehingga proses persiapan awal atau pembangunan pondasi jalan tidak tepat.

Seperti halnya pembangunan jalan dengan jenis tanah basah yang diperlakukan seperi pembangunan pada pondasi tanah kering. Hal ini tentu akan mempengaruhi stabilitas aspal yang memungkinkan terjadinya lubang pada jalan aspal. 

Kegagalan Konstruksi

Selain kesalahan dalam perencaaan, kegagalan konstruksi juga dapat menjadi penyebab jalan berlubang. Jika kesalahan perencanaan terjadi sebelum pembangunan, maka kegagalan konstruksi ini terjadi pada saat proses pembangunan jalan.

Salah satu contoh kegagalan konstruksi adalah kesalahan dalam menentukan persentase campuran aspal yang akan mengakibatkan kegemukan aspal. Kegemukan aspal ini akan menimbulkan lipatan-lipatan pada permukaan aspal yang justru akan menyebabkan lubang pada jalan aspal. 

Meningkatnya Beban Volume Lalu Lintas

Penyebab terakhir adalah peningkatan beban kendaraan yang melintas. Tentu kita sudah melakukan perencanaan pembangunan jalan aspal dengan baik. Salah satu pertimbangan dalam perencanaan pembangunan jalan aspal adalah beban kendaraan yang akan melintas. Penggunaan material dan lapisan aspal tentu akan menyesuaikan dengan beban kendaraan tersebut.

Nah jika beban kendaraan yang melintas meningkat atau bertambah, hal ini tentu akan mengakibatkan jalan aspal cepat rusak yang diawali dengan adanya lubang-lubang pada jalan. Karena jalan aspal sudah tidak mampu lagi untuk menahan beban yang melintas di atas permukaan jalan aspal.

Nah berikut macam-macam penyebab lubang jalan..

Agar penyebab-penyebab tersebut tidak terjadi pada jalan aspal anda, anda sebaiknya memilih perusahaan jasa pengaspalan yang memiliki jam terbang tinggi. Karena kami tidak hanya memiliki tenaga yang professional tetapi juga pemahaman mengenai penyebab kerusakan aspal. Sehingga kemungkinan terjadinya kerusakan pada jalan aspal anda dapat diminimalisir sejak dini. Jalan aspal anda pun terjamin ketahanannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.