Keretakan sangat umum terjadi pada aspal jalan. Setiap bentuk keretakan memiliki jenis yang berbeda. Dengan begitu, setiap keretakan memiliki cara pencegahan dan perbaikannya masing-masing oleh jasa pengaspalan jalan Jakarta. Berbagai jenis keretakan ini perlu dikenali dan dipahami, karena berbagai jenis keretakan ini dapat dicegah dengan jasa pengaspalan jalan, untuk mewujudkan jalan yang mulus dan awet.

Tiga jenis keretakan ini sangat umum terjadi di jalan-jalan di Indonesia. Jika tidak segera dicegah atau diperbaiki oleh kontraktor pengaspalan jalan, berbagai jenis keretakan ini dapat berubah menjadi lubang yang besar dan dapat membahayakan pengguna jalan. 

ciri ciri retak jalan

Berikut adalah tiga jenis keretakan pada aspal jalan yang perlu Anda kenali:

  1. Retak Refleksi (reflection cracks)

Retak refleksi adalah jenis keretakan yang sangat umum terjadi pada jalan dibandingkan dengan berbagai keretakan yang lain. Retak ini dapat berbentuk memanjang, melintang, diagonal, atau bahkan membentuk kotak. Dapat terjadi pada lapis tambahan yang menggambarkan pola retakan di bawahnya.

Retak refleksi adalah jenis keretakan yang lama tidak diperbaiki sebelum pekerjaan lapis tambahan (overlay) dilakukan. Keretakan ini disebabkan oleh gerakan di lapisan bawah tanah, atau naiknya air tanah sehingga merusak lapisan aspal terbawah. Cara memperbaikinya yaitu dengan membongkar dan melapisi kembali dengan bahan yang sesuai. Jika tidak dengan bahan yang sesuai, retak dapat terulang kembali.

  1. Retak Susut (shrinkage cracks)

Retak susut adalah salah satu retak yang berbahaya. Retak ini saling bersambungan dengan membentuk kotak-kotak besar yang memiliki sudut tajam. Jenis keretakan ini disebabkan karena pemakaian aspal dengan penetrasi rendah, atau adanya perubahan volume pada dasar tanah. Perbaikan dapat dilakukan dengan mengisi celah dengan pasir dan campuran aspal, lalu dilapisi kembali dengan burtu.

  1. Retak Slip (slippage cracks)

Bentuk dari retak slip ini unik, yaitu menyerupai bulan sabit. Penyebab dari keretakan ini adalah ikatan antara lapisan permukaan dan lapisan dibawahnya yang buruk. Kurang baiknya ikatan tersebut dikarenakan adanya debu, minyak, air, atau sejenisnya. Bisa juga dikarenakan oleh kurangnya pemberian tack coat sebagai pengikat antar lapisan. 

Kesalahan dari kontraktor pengaspalan juga berpengaruh di sini, dengan kurang baiknya pemadatan lapisan permukaan. Sayangnya, perbaikan dari keretakan ini harus dibongkar dan diberi lapisan baru.

Gunakan Jasa Pengaspalan Jalan yang Berpengalaman

Untuk dapat memperbaiki jalan, ada baiknya memilih dan menggunakan jasa pengaspalan jalan yang berpengalaman seperti jasa aspal hotmix Tangerang. Kontraktor jasa pengaspalan jalan yang berpengalaman akan lebih terbiasa dan siap memperbaiki berbagai macam dan jenis keretakan pada aspal jalan. Sehingga, jalan tidak akan mudah rusak lagi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *